Variabilitas curah hujan di Kabupaten Kebumen

Satria Indratmoko, Djoko Harmantyo, Eko Kusratmoko

Abstract


Curah hujan merupakan unsur iklim yang sangat bervariasi, baik dalam skala ruang maupun waktu. Variasi curah hujan ini akan berdampak pada penentuan awal masa tanam khususnya tanaman padi. Melalui penghitungan statistik dan pemetaan data spasial, penelitian ini akan mengungkapkan pola awal musim tanam sebagai respon terhadap variabilitas curah hujan di Kabupaten Kebumen selama periode tiga puluh tahun, yaitu tahun 1981 – 2010. Analisis spasial yang diperkuat dengan pendekatan statistik mengungkapkan bahwa wilayah pesisir di Kabupaten Kebumen memiliki variabilitas curah hujan yang tinggi dengan rata-rata curah hujan rendah. Semakin tinggi tempat, variabilitas curah hujannya menurun diikuti rata-rata curah hujan tinggi. Selain itu, awal musim tanam padi dimulai pada wilayah dengan variabilitas curah hujan yang rendah (perbukitan) menuju wilayah variabilitas curah hujan tinggi (pesisir). Pada periode 1981 – 2000, awal musim tanam padi dimulai dari utara dan secara berkala menuju selatan Kabupaten Kebumen. Sedangkan pada periode 2001 – 2010, awal musim tanam padi dimulai dari barat laut dan secara berkala menuju tenggara dan selatan Kabupaten Kebumen.

Full Text:

PDF

References


Bappenas (2004). Prakarsa Strategis Pengelolaan Sumber Daya Air untuk Mengatasi Banjir dan Kekeringan di Pulau Jawa. (21 maret 2011)

http://air.bappenas.go.id/main/doc/pdf/prakarsa_sda_jawa/BUKU%202%20BAB%205%20.pdf

BPS Kabupaten Kebumen (2011). Kebumen Dalam Angka 2010. Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Kebumen.

Sandy, I. M. (1987). Iklim Regional Indonesia. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

Sandy, I. M. (1996). Republik Indonesia Geografi Regional II. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

World Meteorological Organization (2009). Climate Data and Monitoring WCDMP-No. 72: Guidelines on Analysis of Extremes in a Changing Climate in Support of Informed Decisions for Adaptation. Geneva: World Meteorological Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/jglitrop.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats